Inilah Hal-hal Yang Bisa Meminimalisir Risiko Usaha

20 Likes Comment

Banyak orang yang akan memulai suatu usaha tapi dihinggapi berbagai macam ketakutan. Takut rugi lah, takut usahanya tidak berkembang lah, takut barang yang di jualnya tidak laku lah, dan segudang ketakutan yang lainnya. Padahal setiap usaha yang akan di buka itu pasti akan memiliki apa yang Namanya risiko usaha.

Risiko memang tidak bisa dihindari oleh siapapun, tapi hal tersebut bisa di minimalisir. Oleh karenanya, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk bisa meminimalisir risiko yang terjadi. Hal-hal ini penting sekali untuk diperhatikan bagi siapa saja yang akan merintis usaha.

1. Target Pasar

Hal pertama yang harus diperhatikan jika ingin meminimalisir risiko usaha adalah harus pandai-pandai menentukan target pasar. Hal ini dikarenakan target pasar merupakan komponen utama yang akan menentukan sukses atau tidaknya bisnis ayang akan di rintis. Rasanya akan percuma saja sebagus apapun ide bisnis yang dimiliki jika apa yang akan diproduksi tidak memiliki target pasar. Oleh karenanya, pastikan dulu bisnis yang akan di buka memiliki target pasar yang potensial.

2. Kompetitor

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah berkenaan dengan kompetitor atau pesaing. Apapun usaha yang akan di buka pasti akan memiliki kompetitor, kecuali memang bisnis itu belum pernah ada sebelumnya. Tapi tentunya memulai bisnis yang baru bukanlah sesuatu hal yang mudah.

Oleh karenanya, coba perhatikan apa yang dilakukan kompetitor sehingga bisa sukses pada bisnis yang dilakukannya. Kemudian gunakanlah rumus ATM, atau Amati, Tiru, dan juga Modifikasi. Jika hal itu sudah dilakukan, maka kerugian pun bisa di minimalisir.

3. Prospek Keuntungan

Nah yang satu ini tidak kalah pentingnya dari kedua hal yang sudah disebutkan sebelumnya. Prospek keuntungan merupakan hal yang bakal menentukan keuntungan dalam berusaha. Semakin bagus prospeknya, maka peluang keuntungan yang didapatkannya pun akan besar. Dengan memilih bisnis yang memiliki prospek keuntungan bagus, maka secara tidak langsung juga bakal meminimalsir risiko usaha. Jadi, hal ini tidak boleh dianggap remeh jika bisnisnya ingin sukses. Malah sebaliknya, harus benar-benar diperhatikan.

4. Kualitas Produk

Selain akan menumbuhkan pelanggan yang loyal, kualitas produk yang bagus juga akan dapat meminimalisir risiko yang terjadi. Hal ini dikarenakan pelanggan yang membeli produk yang dijual akan merasa percaya sehingga akan terus balik lagi di kemudian hari. Beda lagi jika kualitas produk yang dijual jelek. Hal ini malah akan menghilangkan pelanggan dan bisnis yang dibuka tidak akan bisa bertahan lama.

5. Prediksi di Masa Depan

Hal terakhir yang harus diperhatikan juga adalah terkait prediksi di masa depan. Berbicara bisnis itu harus visioner. Harus mampu memprediksi apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Dengan begitu, maka bisnis yang akan dijalankan bisa sustainable. Jika sejak awal tidak bisa melakukan yang satu ini, maka peluang untuk merugi akan besar. Sebab bisa jadi bisnis yang diikuti hanyalah mengikuti trend saja yang dalam beberapa bulan ke depan justru akan sepi pelanggan.

Nah itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan untuk meminimalisir risiko usaha. Jika semuanya sudah diperhatikan, rasanya tidak mesti takut dan khawatir lagi untuk mulai merintis usaha. Memang benar tidak ada yang menjamin kesuksesan usaha yang akan di buka, namun jika hal-hal tersebut sudah dipertimbangkan secara matang setidaknya risikonya akan jauh lebih kecil. Intinya, sikap hati-hati juga penting untuk dimiliki.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *